Mencoba Mengabdikan Kehidupanku

Selasa, 12 Februari 2013

Memulai Tahun baru dengan Kritik

Harusnya artikel ini sudah ane posting waktu awal Januari kemarin, tapi karena kesibukan di kantor jadi lupa deh....Nah mumpung Imlek atau kata lainnya tahun baru China jadi ane posting deh artikel ini, lagian masih ada hubungannya sama-sama tahun baru.


Tahun baru, harapan baru. Yaps semua orang pasti seperti itu, ada yang mengharapkan mendapatkan pekerjaan baru, bisnis baru, side job baru, pacar baru, motor baru, mobil baru, rumah baru dan semua yang baru. Tapi apakah kita pernah meminta kepada sang khalik untuk menjadi pribadi baru.

Kebanyakan manusia termasuk saya, selalu mempunyai harapan yang pasti berhubungan dengan materi dan percintaan. Guys, apa kita pernah instropeksi diri tentang pribadi kita, jujur kalau saya belum pernah. Mungkin ini adalah saatnya kita melakukan review terhadap diri sendiri.

Agar obyektif cobalah tanyakan kepada teman-teman terdekat, kakak-adik, saudara dekat, dan kedua orang tua kalian, sebenarnya diri kita ini seperti apa sih dibenak mereka. Dengan begitu kita jadi tahu gambaran diri kita secara benar.

Kalau penilaian mereka banyak yang negatif , please jangan sakit hati, karena itu memang benar-benar gambaran diri kita dimata mereka. Kadang-kadang tahun baru kita selalu berharap yang muluk-muluk kepada Sang Kuasa, seakan Dia seperti Mesin ATM yang siap mengeluarkan permintaan yang kita pilih. Kini sudah saatnya tahun baru kita menerima review pribadi kita dari orang lain, berharap ditahun yang baru kita bisa memperbaiki diri sendiri.

Sebenarnya cara seperti itu sudah menjadi tradisi masyarakat Batak, setiap pergantian tahun seluruh keluarga besar suku batak berkumpul. Mereka lalu mengutarakan tentang pendapat masing-masing anggota keluarganya dan itu dilakukan bergiliran mulai dari yang tua sampai yang paling muda.

Keluarga batak selalu melakukan tradisi tersebut dengan dipadu doa bersama. Sebuah tradisi yang patut kita contoh dan alangkah baiknya untuk melakukan itu daripada merayakan tahun baru dengan kembang api, nonton konser, atau acara penuh hura-hura belaka.

Happy New Year All Brother And Sister. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Stats

Diberdayakan oleh Blogger.

Your Comment

Followers

Text Widget

Copyright © Mikhael Wr Blog | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com