Mencoba Mengabdikan Kehidupanku

Minggu, 07 Februari 2016

E-KTP Tidak Perlu Diperpanjang

Lima Februari 2016, Kartu Tanda Penduduk (KTP) saya habis masa berlakunya. Walau sudah dapat info dari Pak RT kalau KTP  yang habis masa berlakunya tahun 2015 tidak perlu diperpanjang karena akan berlaku seumur hidup, saya tetap kekeh minta dibuatkan surat pengantar perpanjangan KTP.

Kenapa saya bersikeras seperti itu karena KTP ini ibarat nyawa  jika berurusan dengan Bank, perpanjang SIM, STNK dan urusan birokrasi lainnya. Jika KTP kita ada tulisan kadarluasanya maka urusan buka rekening Bank baru, perpanjang SIM dan STNK akan berpeluang di tolak. Saya berargumen seperti itu dengan Pak RT.

Sampai di Rumah Pak RW-pun saya berarguman seperti itu dan beliau memakluminya. Setelah surat pengantar dari RT dan RW sudah dibuat besoknya saya langsung menuju kantor kelurahan Kedoya Utara. 

Sampai di sana ambil no antrian dan menceritakan keperluan saya. Apa yang terjadi saudara-saudara, petugas kelurahan yang melayani saya memberikan selembar pengumuman berisi Peraturan Gubernur DKI Jakarta, yang menyatakan jika KTP tersebut sudah dalam bentuk E-KTP maka akan berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang.

E-KTP


Saya sempat melontarkan pernyataan bagaimana jika kita ingin mengurus pembukaan rekening bank, perpanjang SIM & STNK, karena tanggal berlaku yang tertera di KTP saya sudah kadaluarsa. 

Petugas kelurahan tersebut berkata, cukup tunjukan selebaran pengumuman ini, bahwa ini sudah peraturan Gubernur, lagi pula jika ingin mengecek identitas KTP pihak Bank dan instansi lainnya hanya tinggal menginput NO E-KTP yang tertera. Dari situ akan terlihat semua data saya serta status dari KTP. Akhirnya saya pulang membawa selebaran pengumuman itu.

Jadi kawan-kawan semua khususnya warga DKI Jakarta yang E-KTPnya sudah habis masa berlakunya, jangan khawatir, KTP kalian sudah berlaku seumur hidup..



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Stats

Diberdayakan oleh Blogger.

Your Comment

Followers

Text Widget

Copyright © Mikhael Wr Blog | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com