Mencoba Mengabdikan Kehidupanku

Selasa, 09 Februari 2016

Keliling Jakarta Gratis Dengan Bus Tingkat

Keliling Jakarta tanpa keluar uang sepeserpun, yups....kalian warga Jakarta atau turis baik dari dalam dan luar negeri bisa memanfaatkan sarana transportasi gratis ini. Pemprov DKI Jakarta melalui PT Transportasi Jakarta menghadirkan bus tingkat sebagai sarana transportasi wisata Kota Jakarta. Mungkin saja terinspirasi bus pariwisata sejenis seperti di kota London Inggris, yang dikenal dengan sebutan doubel decker.
Jakarta Bus Tingkat


Oh iya nama gaul bus ini adalah Mpok Siti. Siti itu plesetan City sementara Mpok karena driver dari bus ini semuanya perempuan jadi Mpok Siti deh. Pertama kali beroperasi pada 24 Februari 2014 Mpok Siti hanya mempunyai rute  yaitu Pasar Baru – Bundaran Hotel Indonesia.

Sepanjang rute tersebut Mpok siti singgah di halte bus berlogo “City Tour” 

Jakarta Bus Tingkat
Nah berikut ini halte-halte yang dilalui Mpok Siti : Monas Merdeka Barat, Balai Kota, Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Pasar Baru Gedung Kesenian Jakarta, Mesjid Istiqlal, Monas Merdeka Utara.














Selain Rute tersebut juga ada rute Pasarbaru – Bundaran Senayan. Nah kalau untuk rute ini selepas Bundaran HI akan melewati jalan Jendral Sudirman, Semanggi, Senayan, lalu berputar kembali ke Senayan, Semanggi, Sudirman, Bundaran HI, Monas, Pecenongan, Pasar Baru. Kebetulan saya naik Mpok siti yang rute Senayan, jadi berasa lama sekali di dalam Bus.

Mpok Siti bermerek Mercedes Benz yang saya naiki ini ternyata sumbangan Alfa Mart. Bus senilai Rp 3,9 miliar ini langsung didatangkan dari Jerman dan memiliki kapasitas 69 penumpang, serta dilengkapi fasilitas TV LCD 32 inchi, AC, GPS, serta perangkat CCTV. Sayang fasilitas TV LCD-nya tidak digunakan.

Jakarta Bus Tingkat


Selain rute tersebut juga ada rute Djuanda-Kota Tua, bus tersebut akan melewati Masjid Istiqlal-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Olimo-Glodok-Kali Besar-Museum Mandiri Fatahillah-Jalan Kunir (BNI)-ke Kota Tua. Sementara Halte yang disiapkan untuk menaikan dan menurunkan penumpang yakni‎ halte Masjid Istiqlal, Harmoni, Sawah Besar, Glodok, Museum Mandiri dan BNI 46 Kota Tua.

Di rute sebaliknya, Kota Tua-Juanda, bus akan melewati Jalan Kunir (BNI)-Glodok-Olimo-Mangga Besar-Sawah Besar-Harmoni-Juanda hingga Pintu Air Istiqlal. Adapun halte untuk naik-turun penumpang di rute tersebut yakni halte BNI 46 Kota Tua, Glodok, Sawah Besar, Juanda dan Pintu Air Istiqlal.

Waktu tunggunya tidak pasti, kadang bisa cepat, kadang bisa lama sekali semua itu tergantung arus lalu lintas Ibu Kota yang begitu padat.  Oh iya saya punya pengalaman menjengkelkan ketika ingin mencicipi naik Mpok Siti di hari kerja. Dua kali bus datang tapi saya tidak diperkenankan naik karena bus sudah dikhususkan mengangkut rombongan anak sekolah.

Awalnya Mpok Siti ini dilengkapi dengan seorang Tour Guide yang akan menjelaskan ke penumpang terkait tempat-tempat bersejarah yang dilalui bus. Namun seiring waktu Pemprov DKI Jakarta meniadakan Tour Guide dengan alasan efisiensi, sehingga jika kalian benar-benar awam dengan Kota Jakarta, sudah dipastikan kalian akan duduk manis saja sambil melihat pemandangan sepanjang jalan tanpa tahu tempat apa saja yang dilewati.

Info Operasional Bus City Tour Jakarta :
Hari Senin – Sabtu: Jam 09.00 pagi – 19.00 malam
Hari Minggu: Jam 12.00 siang – 19.00 malam

                                                                                                                                                           




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Stats

Diberdayakan oleh Blogger.

Your Comment

Followers

Text Widget

Copyright © Mikhael Wr Blog | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com