Mencoba Mengabdikan Kehidupanku

Jumat, 19 Februari 2016

Perpustakaan Ini Cocok Untuk Orang Tua Yang Punya Balita

Perpustakaan Jakarta Barat

Untuk Anda para orang tua di Jakarta Barat yang ingin mengajari anaknya belajar sambil bermain, maka perpustakaan ini bisa menjadi tempat yang pas. Anda dan anak dapat bermain sepuasnya tanpa perlu memikirkan biaya alias gratis.

Perpustakaan bergedung megah tersebut adalah perpustakaan daerah khusus Administrasi Jakarta Barat. Berlokasi di Jl Tanjung Duren Barat, No 36, Jakarta Barat, perpustakaan ini diresmikan mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo pada 30 Januari 2012.

Kenapa tempat sangat cocok bagi orang tua yang punya anak kecil? Karena pada lantai pertama, perpustakaan ini menyediakan koleksi khusus buku untuk anak-anak play grup, TK dan SD. Selain buku, disediakan juga wahana bermain untuk anak usia 2- 4 tahun.

Perpustakaan Jakarta Barat

Perpustakaan Jakarta Barat


Sementara untuk kalian orang dewasa bisa menikmati perpustakaan umum di lantai dua. Sayang lift rusak, jadi mau tidak mau harus menaiki anak tangga.

Koleksi buku di perpustakaan umum (Lt 2) mencakup berbagai cabang ilmu seperti, Bahasa & Linguistik, Kesusastraan, Ilmu Murni, Ilmu Terapan (Teknologi), Ilmu Sosial, Kesenian, Hiburan, Olahraga, Agama, Filasfat & Psikologi, Karya Umum serta Geografi & Sejarah.

Perpustakaan Jakarta Barat


Bagi yang senang membaca koran dan majalah di lantai ini kalian bisa mendapatkan koran serta majalah terbaru. 

Perpustakaan Jakarta Barat

Perpustakaan Jakarta Barat

Di lantai 2 juga ada satu ruangan terpisah yang berisi koleksi berbagai buku ensiklopedia.

Perpustakaan Jakarta Barat
Koleksi Ensiklopedia

Total koleksi Perustakaan Jakarta Barat mencapai 54.560 judul / 100.715 eksemplar. 

Bagi anda masyarakat kota Jakarta Barat yang ingin menjadi anggota persyaratannya mudah , cukup membawa :
-          Fotocopy KTP
-          Pas Photo 2x3, 3 lembar
-          Foto copy Kartu Keluarga

Jangka waktu peminjaman buku 2 minggu, jika telat mengembalikan akan dikenakan denda  Rp 200/ hari untuk setiap buku, selain itu anda juga tidak bisa meminjam buku kembali.

Perpustakaan ini dilengkapi dua alat canggih, Mesin Pengambalian Buku Otomatis dan Book Shower. Dengan Mesin Pengembalian Buku Otomatis anggota yang ingin mengembalikan buku tidak perlu repot-repot bertemu petugas, cukup masukkan buku ke dalam mesin dan tempelkan kartu anggota. Sementara Book Shower adalah alat untuk membersihkan buku. Sayang ketika saya berkunjung ke sana hanya Book Shower yang masih bisa berfungsi .

Perpustakaan Jakarta Barat
Mesin Otomatis Pengembalian Buku

Perpustakaan Jakarta Barat
Book Shower
Sebenarnya gedung ini dilengkapi dengan fasilitas internet, namun sayang ketika saya mencobanya tidak berfungsi. Saat bertanya ke petugas penjaga yang merupakan anak-anak magang SMK, apakah masalah koneksi wifi baru bermasalah pada hari ini atau dari kemarin, mereka menjawab sudah dari kemarin-kemarin.  Sangat disayangkan.



Walau sudah dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan(AC) tapi entah kenapa udara yang terasa lembab dan panas.

Saat menelusuri ruangan lain yang ada di lantai dua dijumpai ruangan yang sudah diberi label tertentu namun pada prakteknya tidak difungsikan alias kosong.




Sangat disayangkan, ketika sudah di dukung dengan fasilitas gedung megah namun masih belum dimaksimalkan. 

Bahkan untuk ukuran gedung yang baru diresmikan pada 4 tahun lalu, perawatan gedung tergolong buruk. Contohnya lift rusak, AC tidak terasa, toilet yang sudah banyak mengalami kerusakan, serta ada alat-alat canggih rusak atau sengaja tidak difungsikan.

Toilet
Lift

Westafel





Langit-Langir Toilet


Informasi :
Jam Operasional Perpustakaan  : Senin - Minggu : 09:00 - 20.00 WIB (Kecuali Hari Libur Nasional)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Stats

Diberdayakan oleh Blogger.

Your Comment

Followers

Text Widget

Copyright © Mikhael Wr Blog | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com